Kayu Solid VS Kayu Buatan

Ide Rustic Style Custom Mebel

Kayu Solid VS Kayu Buatan

Ketika Anda berjalan-jalan ke toko mebel atau toko furniture, Anda mungkin melirik mebel atau furniture keren yang menarik hati Anda, lalu apa yang pertama kali Anda cek? Pastinya harga kan!

Apa Anda tahu bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi harga adalah material yang digunakan. Mebel atau furniture yang terbuat dari kayu solid harganya selalu lebih mahal daripada furniture kayu buatan, tetapi ternyata hal ini salah! Di CustomMebel.com Anda bisa membuat mebel atau furniture seperti rak, lemari, meja makan, kitchen set, dan lain-lain dengan kayu solid namun seharga kayu buatan. Loh kok bisa? Karena CustomMebel.com telah bekerja sama langsung dengan pengrajin rumah tangga professional sehingga menghilangkan berbagai biaya seperti gaji karyawan, biaya listrik toko, biaya sewa showroom, dan biaya gudang/inventori.

Akan tetapi sebenarnya bukan ini yang Saya ingin bicarakan disini. Saya akan membuka rahasia penting perbedaan antara kayu solid dan kayu buatan dari berbagai sisi. Sekarang ayo simak dulu apa itu kayu buatan.

Kayu Buatan

Kayu buatan adalah kayu yang sudah diolah dengan menggunakan mesin sehingga membentuk board atau papan-papan kayu yang siap digunakan. Jenis kayu buatan yang paling populer adalah plywood (multipleks atau tripleks) dan Medium Density Board (MDF), pasti Anda sering mendengarnya kan?

Plywood (Multipleks atau Tripleks)

Plywood terbuat dari lembaran vinir (lapisan kayu setebal 3mm) yang ditumpuk menjadi satu dengan menggunakan mesin press. Manusia mulai membuat plywood karena kebutuhan papan dengan ukuran sangat lebar dimana penggunaan kayu solid beresiko terhadap efek penyusutan (melengkung, melintir, dan pecah/retak). Secara tampilan plywood sangat mirip dengan kayu solid tetapi di sisi-sisinya terlihat jelas lapisan-lapisan tumpukan kayu.

MDF (Medium Density Board)

Medium Density Board adalah kayu buatan yang dibuat dari serpihan-serpihan kecil kayu solid yang telah dihancurkan. MDF sedang populer di industri mebel dan biasanya digunakan di perkantoran. Serpihan ini dicuci lalu direbus dengan suhu dan waktu tertentu hingga menjadi lunak. Lalu setelah proses defibrator, serpihan kecil lunak ini dicampur wax dan lem sebelum memasuki proses pressing. MDF biasanya digunakan untuk mebel atau furniture ekonomis yang dikombinasikan dengan vinir (lapisan kayu).

CATATAN: Namun Anda perlu hati-hati dengan mebel atau furniture berbahan MDF karena memiliki resiko tinggi penyebab kanker. Campuran lem yang dibuat dari resin Formaldehyde sebagai perekat kayu dan debu menjadi lembaran papan bisa menyebabkan iritasi mata, hidung, tenggorokan dan bahkan paru-paru walaupun hanya evel kontak yang rendah.

Selain Formaldehyde, permukan MDF dapat dengan mudah menyimpan debu kayu. Debu ini memiliki partikel yang sangat kecil sehingga bisa menimbulkan asma terutama bagi pekerja di pabrik. Kalau Anda baru membeli mebel kantor seperti meja komputer atau kabinet, Anda pasti sering menemukan debu tipis (terutama di bagian bawah).

Menurut IARC (International Agency for Research on Cancer), sub organisasi WHO (World Healh Organization) menemukan bahwa debu kayu merupakan carcinogen (penyebab kanker) dan Formaldehyde juga memiliki kemungkinan yang sama pada level carcinogen 3, yang berarti memiliki potensi penyebab kanker, sehingga saran Saya adalah kurangi pemakaian mebel atau furniture berbahan MDF.

Bahan – bahan penyebab kanker ini bisa bertahan lama dan beterbangan menyebar ke segala penjuru rumah atau kantor Anda. Bayangkan anak-anak atau keluarga Anda tidur diatasnya dan menghirup bahan-bahan berbahaya ini. Lakukan riset kecil tentang Formaldehyde di Google agar Anda lebih paham. Ada juga artikel bagus yang ditulis oleh seorang investor, financial author, sekaligus business owner bernama Joshua A. Kennon berjudul “Why I Avoid MDF and Furniture Built with MDF and Think You Should Too”.

Bagi yang sudah terlanjut memiliki mebel atau furniture berbahan MDF perhatikan tips berikut ini:

  1. Biarkan pintu dan laci pada mebel atau furniture yang baru saja dibeli terbuka tanpa digunakan selama beberapa hari atau minggu untuk melepaskan kandungan formaldehyde dari bahan papan buatan.
  2. Tanyakan kepada penjual mebel atau furniture tentang jenis MDF yang mereka gunakan. Untuk mebel yang menggunakan jenis E1 atau E0 pasti lebih mahal karena E1 dan E0 merupakan standard international. E0 memiliki kurang dari 3 miligram formaldehyde dari setiap 100 gram lem yang digunakan. E1 dan E2, diklasifikasikan dengan kandungan 9 dan 30 gram formaldehyde per 100 gram lem.

Kayu Solid

Kayu yang dipotong langsung dari pohon menjadi lembaran kayu. Jenis – jenis pohon yang populer di Indonesia adalah jati, mahoni, trembesi, pinus, dan nyatoh. Saya telah membahas detail jenis-jenis kayu solid pada artikel sebelumnya. Para pengrajin rumah tangga yang bekerja sama dengan CustomMebel.com kebanyakan menggunakan kayu jati, dimana kayu ini merupakan kayu dengan kualitas tertinggi di kelasnya. Para pengrajin jarang menggunakan plywood atau MDF karena memang mebel atau handmade furniture biasa menggunakan kayu solid.

Ide Rustic Style Custom Mebel

Kenapa lebih baik kayu solid dibandingkan dengan kayu buatan?

  • Penampilan
    Serat kayu dan warnanya akan terlihat sangat natural, elegan dan sangat indah.
  • Keawetan
    Kayu solid bisa bertahan sangat lama dari generasi ke generasi. Tidak seperti kayu buatan, kebanyakan kayu solid akan tahan terhadap air.
  • Perawatan
    Goresan sedikit pada permukaan kayu dapat dengan mudah diperbaiki. Finishing kayu juga sangat beragam dan dapat diubah dengan mudah.
  • Desain
    Para seniman mebel atau perajin mebel dapat membuat ornamen dan ukiran detail pada kayu solid. Mebel-mebel klasik yang berkelas membutuhkan kayu solid yang berkualitas pula.

Kembali lagi ke harga, kayu solid memang pasti dan sudah sepantasnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kayu buatan. Namun Anda perlu tahu bahwa para pengrajin di custommebel.com mampu membuatkan mebel idaman Anda dengan kayu solid yang sangat ekonomis. Tentunya tetap mengedepankan kualitas terbaik karena seperti yang Anda tahu bahwa custommebel.com telah memangkas biaya-biaya tidak perlu seperti halnya yang biasa menjadi beban perusahaan-perusahaan mebel besar.

Apakah Anda sudah siap untuk memiliki mebel yang berkualitas dan aman untuk kesehatan? Langsung saja bikin di CustomMebel.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.