Cara Merawat Kayu Jati Dengan Mudah

Anda Mungkin Bertanya-tanya Bagaimana Cara Merawat Mebel atau Furniture Jati.

Jati adalah salah satu kayu yang paling awet di dunia dan hanya membutuhkan sedikit perawatan, hal ini membuatnya sangat ideal untuk menjadi mebel luar rumah atau outdoor furniture. Oleh karena efek perubahan cuaca, warna kayu jati bisa berubah menjadi perak keabu-abuan dimana bagi kebanyakan orang hal ini memang mereka inginkan. Akan tetapi, sebagian orang memilih untuk merawatnya agar warna orisinilnya tetap bertahan, yaitu warna coklat madu keemasan.

Kayu jati sangat tahan terhadap serangan serangga termasuk rayap dan tidak membusuk, tetapi terkadang bisa muncul jamur yang tidak sedap dipandang. Pembersihan kayu jati secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga agar penampilan mebel atau furniture jati Anda tetap menawan.

Lakukan pembersihan menggunakan campuran sabun cuci baju, pemutih, cuka, dan air dengan cepat dan mudah. Gunakan sikat plastik yang lembut dan JANGAN menggunakan sikat dari besi karena bisa merusak permukaan kayu jati.

2 cara mudah meracik pembersih kayu jati:

  • Campurkan 1 gelas pemutih klorin dan 1 gelas deterjen dengan 1 galon air hangat
  • Campurkan 1 gelas cuka dengan 1 galon air hangat

Sebelum memulainya, berikan ruang lebih disekitar mebel atau furniture jati yang ingin Anda bersihkan. Jika mebel Anda ada di outdoor mungkin tidak masalah, tetapi jika di indoor maka Anda perlu menataki lantai Anda dengan kain bersih di ruangan yang berventilasi baik. Setelah itu, Anda bisa mulai membersihkan mebel kayu jati Anda:

  1. Oleskan dan gosok kayu dengan campuran pembersih yang sudah Anda buat tadi menggunakan sikat plastik.
  2. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Bilas dengan air bersih

Perlu diingat, cara ini bisa saja tidak bekerja untuk mebel jati yang sudah berada di luar (outdoor) selama bertahun – tahun tanpa perawatan. Mungkin Anda memerlukan cairan yang lebih ampuh khusus pembersih kayu seperti pledge aerosol. Perawatan ini bisa Anda lakukan setiap 3-6 bulan sekali tergantung kondisi ruangan Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membuat mebel jati Anda menjadi tetap terlihat elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.