Sekilas Tentang Kayu Jati Belanda atau Kayu Jati Londo

Kayu Jati Belanda atau atau istilah jawanya disebut Jati Londo sebenarnya merupakan kayu Pinus / Pinewood yang sangat terkenal dan sangat banyak digunakan diberbagai belahan dunia karena memiliki serat atau corak teksture kayu yang sangat bagus dan juga memiliki permukaan serat yang halus.

Di Indonesia sendiri kayu ini di kenal dengan kayu Jati Belanda atau kayu Jati Londo atau kayu Pallet bekas peti kemas. Menurut berbagai macam sumber terdapat lebih dari 175 jenis kayu pinus dengan nama spesies yang berbeda. Kayu Pinus / Pinewood ini disebut Jati Belanda bukan karena kayu asal atau yang tumbuh di Belanda, melainkan kayu ini sebagian besar tumbuh di Benua Asia dan Amerika. Di Indonesia khususnya di daerah Sumatra sangat banyak tumbuh pohon pinus khususnya pinus Merkusi atau dikenal dengan Pinus Tusam.

Jenis kayu pinus yang sering digunakan dan secara umum dikenal memiliki kualitas yang baik ada 2 jenis, yaitu Pinus Radiata dan Pinus Merkusi. Kayu ini disebut kayu Jati Belanda karena kayu ini merupakan kayu bekas peti pengemas barang-barang import yang sebagian besar diangkut kapal laut yang kebanyakan dari negara Eropa.

Secara fisik kayu Jati Belanda ini berbeda dengan kayu Jati Jawa atau kayu jenis lainnya, kayu ini karakternya lebih empuk dan lebih cerah warnanya. Dikarenakan tingkat kekerasan kayu yang tidak begitu keras maka pengolahan kayu ini menjadi relatih mudah dan disenangi oleh para pengrajin. Namun demikian kayu Jati Belanda ini masih sangat cocok untuk kebutuhan furnitur, mebel, kerajinan kayu, ini terbukti dengan tingkat permintaan yang dari waktu ke waktu ternyata semakin meningkat.

Sumber: www.jatibelandamurah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.