Kualitas Kayu Mahogany Untuk Furniture Interior

Kayu mahogani sudah lama dipakai sebagai bahan baku utama furniture Jepara selain

jati. Kayu jenis ini memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan dibawah kayu jati, namun

bukan berarti kayu mahoni tidak kuat. Kayu mahoni disebut sebagai nomor 2 dalam

masalah kekuatan. Kayu mahoni memiliki permukaan papan yang berwarna kemerahan

dengan serat yang padat dan untuk bagian pinggir luar kayu ( sap wood ) berwarna putih

abu-abu.

Kegunaan Kayu Mahogany

Kayu mahogani untuk furniture Jepara rata-rata dipakai untuk pesanan furniture model klasik, karena rata-rata pembeli furniture model klasik itu adalah dari eropa dan Amerika. Di sana kayu mahoni tergolong salah satu kayu mahal dan mewah, itulah mengapa di Jepara kayu mahoni rata-rata dibuat furniture model klasik. Kenapa bangsa eropa dan amerika tidak memilih jati karena mereka lebih mengenal kayu jati sebagai kayu yang tangguh, mereka banyak memesan kayu jati untuk digunakan sebagai furniture luar ruangan.

Keunggulannya Kayu Mahogany

  1. Seratnya halus dan sangat seragam. Penampilan yang seperti ini sangat bagus jika di finishing dengan warna-warna natural atau klasik.
  1. Penampang kayu yang sangat stabil, kayu mahoni dikenal untuk kekuatan akan penyusutan dan perubahan bentuk, tentu saja syarat utamanya adalah kekeringan bahan baku kayunya.
  2. Kandungan minyak alami kayu rendah, ini menjadikan kayu mahoni bisa di finishing cat duco tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Namun kekeringan kayu adalah syarat utama.

Kekurangan Kayu Mahogany

  1. Banyak diserang hama. Memang tidak semua, namun banyak hal ini sering membuat frustasi. Solusinya, sementara ini yang paling efektif adalah direbus dengan cairan campuran obat anti hama dan air.
  2. Kayu mahoni menurut kami cukup manja, harus diperlakukan dengan baik, maksud kami ketika menata di dalam ruangan oven harus baik, menyimpan papan-papan harus baik, finishingnya juga tidak bisa main kasar-kasar dan hal kecil yang lain, memang bukan merupakan satu kekurangan mungkin namun menurut kami cukup merepotkan.

Kesimpulan

Apakah bagus kalau memakai kayu mahogany untuk CustomMebel? Tentu saja! Masalah kerepotan mengenai hama dan lain lain biarkan jadi masalah kami. Yang pasti kayu mahogani adalah salah satu kayu berkelas di dunia.

Sumber: https://www.bersosial.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.