Bikin Rumah Anda Lebih Aman

Tahu Anda apa yang harus dilakukan agar rumah Anda lebih aman?

Setiap 14.6 detik ada 1 perampok beraksi di seluruh dunia. Fakta berikutnya, perampok menghabiskan waktu 8-12 menit di dalam rumah korban.

Berdasarkan fakta-fakta ini, Anda bisa melakukan beberapa antisipasi untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan resiko ini. Tidak perlu teknologi canggih dan mahal untuk mengamankan rumah Anda seperti yang Anda pikir. Tidak perlu juga dengan membayar satpam pribadi yang harus Anda gaji setiap bulannya. Berikut ini adalah cara-cara mudah dan murah untuk meningkatkan keamanan rumah Anda.

Tetangga Anda adalah salah satu kunci keamanan rumah Anda.

Suatu hal yang krusial untuk bisa mengenal tetangga Anda dengan baik (khususnya jika Anda sedang pergi ke luar kota). Berkenalanlah dengan tetangga Anda, terutama tetangga Anda yang sudah berumur, alias agak tua 🙂 Orang-orang tua lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada anak-anak muda. Saat Anda ke luar kota, Anda bisa meminta tolong kepada mereka untuk sekali-sekali melihat kondisi rumah Anda. Bagi yang punya satpam (siskamling), titip saja pesan untuk mengambil surat-surat yang datang dan menyimpannya di tempat lain agar rumah tidak terlihat kosong.

Tingkatkan Keamanan dari Eksterior Anda.

Eksterior memainkan peranan penting untuk keamanan rumah Anda. Perampok lebih segan untuk memasuki rumah dengan pencahayaan yang terang di bagian pintu masuk dan halaman depan. Lampu motion-sensor / motion detector (saat ada gerakan lampu bisa nyala sendiri) bisa jadi solusi dan harganya pun gak semahal yang Anda kira, cek aja harganya di lazada.com atau di tokopedia.com. Cara pemasangannya pun cukup mudah.

Disamping pencahayaan, tanaman-tanaman yang lebat juga bisa jadi solusi. Tanaman lebat dan berduri bisa Anda jadikan semacam pagar dan Anda tempatkan di dekat jendela sehingga tidak ada predator yang bisa masuk ke dalam rumah Anda.

Sistem Keamanan adalah Keharusan.

Kamera CCTV di luar rumah adalah salah satu keharusan, khususnya jika halaman Anda luas. CCTV jaman sekarang bisa Anda koneksikan dengan smartphone Anda. Kamera yang bisa berputar 360 derajat jauh lebih baik. Kamera CCTV juga sudah banyak macam dan fiturnya, harganya pun cukup terjangkau. Apabila harga tetap menjadi masalah bagi Anda, kamera palsu atau kamera rusak juga bisa Anda gunakan sebagai alat untuk menakut-nakuti pencuri.

Sistem alarm bisa menjadi bagian penting lainnya untuk memproteksi rumah Anda. Banyak juga sistem alarm yang murah kok, dilengkapi dengan lampu infrared untuk mendeteksi gerakan. Bayangkan betapa paniknya perampok jika tiba-tiba alarm bunyi dengan keras saat mereka menyelinap masuk.

Binatang Peliharaan (Anjing Asli atau Anjing Palsu).

av1jnr-caaadiop-jpg-large

Anjing bisa jadi binatang kesayangan, tetapi bisa juga jadi rambu-rambu bagi perampok. Bila Anda bukan penyayang anjing, Anda bisa juga memasang banner “Awas Anjing Galak” dengan bentuk yang manis. Lalu taruh tempat makan anjing di depan pagar Anda, supaya kesannya benar-benar ada anjing. Ini bisa menjadi alat untuk membuat si perampok berpikir 2x untuk merampok dan akhirnya gak jadi ngerampok 🙂

Pintu masuk yang kokoh.

Pastikan semua pintu dan jendela terkunci. Lebih baik lagi jika pintu masuk rumah Anda terbuat dari besi atau solid wood (kayu asli). Kusen pintu harus bagus dan kuat supaya mereka tidak mudah merusaknya. Jangan sekali-kali menyimpan kurnci cadangan di tempat-tempat rahasia seperti pot bunga, kotak surat, dibawa keset atau batu. Lebih baik untuk menitipkan ke tetangga Anda yang bisa Anda percaya.

Rekomendasi dari Saya ini pasti dan akan bisa membuat perampok berkali-kali lipat lebih sulit memasuki rumah Anda. Jika Anda belum memproteksi rumah Anda sama sekali, ayo segera lakukan sebelum terlambat! Jika Anda merasa informasi ini berguna untuk Anda, silahkan share di social media Anda!

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.