Agar Tak Ditipu, Begini Caranya Membedakan Mebel Jati Asli dan Palsu

Custom Furniture – Bahan yang paling populer untuk dijadikan furniture adalah kayu, dan dari sekian banyak macam kayu yang dapat diolah menjadi furniture, kayu jati adalah salah satu yang paling populer. Furniture kayu jati terkenal akan kekuatan dan ketahanannya. Furniture kayu jati memiliki umur yang panjang, tahan dari segala macam cuaca, tak dapat dimakan rayap, dan kuat menahan beban berat. Apalagi, jika kita pintar memadukan furniture kayu jati dengan konsep rumah kita, akan membuat rumah kita terlihat lebih menarik. Keunggulan-keunggulan itu membuatnya menjadi salah satu jenis kayu olahan yang paling populer dan memiliki harga yang paling tinggi mengingat banyaknya permintaan.

Namun, keunggulan tersebut telah dimanfaatkan banyak oknum tidak bertanggung-jawab untuk membuat furniture kayu jati palsu yang tidak terbuat dari jati asli.

Berikut ini hal-hal yang dapat kita perhatikan beberapa ciri furniture kayu jati sebelum membeli atau membuat furniture dari kayu jati untuk menghindari barang palsu.

Cek permukaan, retakan, dan lubang-lubang yang mungkin menghiasi furniture.

Permukaan kayu jati yang asli selalu terasa halus, karena selain menggunakan pemoles buatan, kayu jati sendiri memproduksi cairan khusus yang memperhalus permukaan kayu. Retakan dan lubang-lubang juga biasanya terasa halus. Retakan dan lubang yang dimaksud di sini adalah retakan dan / atau lubang yang sengaja dibuat atau ditinggalkan si pengrajin kayu untuk memperindah design, biasanya retakan atau lubang yang terjadi karena kesalahan tidak terasa halus.

Perhatikan design garis dan mata kayu.

Garis kayu jati asli memiliki alur yang halus dan presisi, rata tidak berkelok-kelok. Sementara, mata kayu jati asli memiliki tekstur yang jelas dan tidak kabur. Selain itu, perhatikan apabila terdapat retakan pada mata kayu, karena retakan pada mata kayu dapat berkembang seiring waktu sehingga dapat merusak furniture.

Cek sela di mana kayu disatukan.

Contohnya, tempat dimana badan meja tersambung dengan kaki meja haruslah tersatukan dengan rapat tanpa menimbulkan sela-sela, tak perduli material apapun yang digunakan untuk menyatukannya.

Warna kayu lebih hidup.

Kayu jati yang berkualitas bagus pasti kayunya tua, dan warna permukaan kayu pada kayu jati yang berumur tua akan terlihat lebih hidup, penyebbnya adalah banyaknya pigmen kayu yang terbentuk pada kayu jati tua.

Tes kekuatan dan kekokohan furniture.

Kayu jati memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang tinggi, pastikan hal ini sebelum membeli. Teslah kekuatan furniture dengan menggunakan furniture dengan semestinya, letakkan tas anda atau barang lainnya di atas meja yang akan dibeli, duduklah di kursi yang akan dibeli, jika perlu, minta anak Anda untuk menduduki meja untuk mengecek kekuatannya.

Jika Anda berencana membuat furniture dari bahan kayu jati asli, maka pastikan Anda datang ke tempat yang tepat. Yang terpercaya dengan kualitas kayu jatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.