Tips Memilih Kayu Untuk Membuat Furniture

 

KAYU merupakan bahan yang hampir pasti digunakan setiap akan membangun sebuah rumah. Atau kayu juga sering dijadikan sebagai produk furniture yang digunakan untuk melengkapi perabotan/perkakas rumah. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kayu, entah untuk konstruksi rumah atau perabot furniture, harus bisa mengerti akan kualitas kayu itu sendiri. Terkadang kita hanya menyerahkan pada tukang, padahal tukang itu pun belum tentu paham betul, maka sebaiknya kita harus belajar/memahami sendiri kualitas kayu yang akan kita gunakan.

Pemilihan Kayu Untuk Konstruksi Rumah

Jika kita akan membangun rumah, maka konstruksi menjadi prioritas utama. Yang mana konstruksi inilah yang akan menjadikan rumah kita bisa bertahan lama atau tidak. Oleh sebab itu saat kita memilih kayu untuk konstruksi rumah sebaiknya kita memilih jenis kayu yang kuat, keras, dan tahan air serta tahan rayap.

Untuk memilih kayu yang baik, kita bisa mencari informasi di internet atau berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman – dalam hal ini CustomMebel tentunya. Kayu untuk konstruksi rumah biasanya menggunakan kayu Jati, Sengon Laut, Kalimantan atau kayu Nangka. Selain itu juga bisa menggunakan kayu-kayu yang lain, asal bersifat kuat dan tahan lama.

Pemilihan Kayu Untuk Perabot Rumah

Dalam pemilihan kayu untuk perabot rumah, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Kayu yang biasa digunakan untuk perabot furniture adalah Jati dan Mahoni. Kayu-kayu tersebut mempunyai kualitas yang cukup baik dan memiliki urat kayu yang cantik. Untuk mengetahui kualitasnya bisa dilihat dari bentuk dan ukuran kayu yang besar dan kuat. Lalu kayu yang baik juga memiliki warna yang cerah, segar dan tidak berlubang.

Akan berbeda jika kayu tersebut warnanya terlihat mentah, maka bisa dipastikan kayu tersebut belum tua betul dan nantinya tidak awet jika digunakan untuk furniture. Selain itu tingkat kadar air serta kelembaban juga harus dipertimbangkan. Kayu yang baik adalah kayu yang tua dan kering. Jika baru selesai ditebang, maka dipastikan kadar airnya tinggi. Oleh karena itu kita bisa mengeringkannya dengan cara dipanaskan atau diangin-anginkan di bawah sinar matahari, atau agar lebih cepat, bisa menggunakan oven kayu.

 

_.

Sumber: http://jeparainfomebel.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.