Dari Pohon-pohon Tropis.

Indonesia memiliki tradisi berkebun kayu yang panjang. Ukiran kayu telah dipraktekkan di Indonesia sejak jaman dahulu kala. 

Perabotan telah ada selama ribuan tahun dan digunakan di seluruh belahan dunia. Pulau-pulau di Indonesia tidak terkecuali. Produk furnitur khas Indonesia terbuat dari kayu. Indonesia adalah negara dengan hutan tropis yang kaya menyediakan banyak bahan untuk berbagai macam produk mebel. Dari 195 juta hektar luas lahan Indonesia, sekitar 108 juta atau 60% di antaranya ditutup oleh hutan permanen. Indonesia adalah rumah bagi hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia.

Industri kehutanan sangat berkembang di Indonesia. Diperkirakan bahwa industri kehutanan di Indonesia mempekerjakan 2,5 juta orang secara langsung dan 1,2 juta lainnya secara tidak langsung. Industri kehutanan utama di Indonesia meliputi penebangan kayu, penggergajian kayu, panel berbasis kayu, pulp dan kertas, pengolahan kayu sekunder, rotan dan hasil hutan bukan kayu lainnya. Dengan sumber daya kayu yang begitu besar dan industri kehutanan yang sangat maju, wajar bila Indonesia mengembangkan salah satu industri mebel kayu yang paling semarak di dunia.

Industri furnitur di Indonesia mempekerjakan 2 juta orang secara langsung, dengan tambahan 8 juta pekerja secara tidak langsung. Pada penulisan buku ini, industri mebel mengekspor lebih dari 890.000 ton furnitur senilai hampir 2 miliar dolar (angka 2007). Lebih dari 70% ekspor furnitur Indonesia terdiri dari mebel kayu. Selain itu, Indonesia memiliki tradisi berkebun kayu yang panjang.

Ukiran kayu telah dipraktekkan di Indonesia sejak jaman dahulu kala. Saat ini seseorang dapat dengan mudah menemukan produk ukiran kayu di Indonesia mulai dari patung, kerajinan tangan dan tentunya furnitur. Faktor-faktor ini, banyaknya pasokan kayu dan tradisi pertanaman kayu, menggabungkan untuk menjadikan Indonesia salah satu tempat paling menarik dimana seseorang dapat menemukan produk mebel kreatif. Selanjutnya, dengan tuntutan dunia modern, beberapa produsen furnitur Indonesia telah menyesuaikan diri untuk memproduksi furnitur produksi massal dengan menggunakan mesin modern.

Indonesia juga memproduksi produk mebel yang terbuat dari papan serat dan papan partikel untuk memenuhi permintaan furnitur murah dan cerdik yang dirancang untuk memenuhi fungsi dan kebutuhan sehari-hari.

Bahan baku

Produk mebel kayu Indonesia terbuat dari produk kayu dari hutan tropis Indonesia. Kayu yang paling banyak digunakan untuk pembuatan furnitur berkualitas tinggi adalah kayu jati dan mahoni. Produk kayu dengan produksi rendah yang diproduksi secara massal biasanya menggunakan pulp kayu kompak yang dibuat menjadi fibreboards dengan densitas rendah, menengah atau tinggi dan papan partikel. Berikut adalah beberapa bahan dan bahan olahan yang digunakan untuk pembuatan mebel kayu Indonesia.               

Kayu Jati

Kayu jati adalah kayu keras dan berkualitas tinggi yang digunakan untuk membangun furnitur highend dan tahan lama. Kayu jati adalah genus pohon kayu keras tropis di keluarga Verbenaceae, yang berasal dari selatan dan tenggara Asia, dan umumnya ditemukan sebagai komponen vegetasi hutan monsun.

Pertumbuhan kayu jati di Indonesia sebagian besar terkonsentrasi di pulau jawa dan beberapa pulau kecil di sebelah timur jawa. Pernah terpikir bahwa Jati diperkenalkan ke Jawa oleh wisatawan Hindu beberapa ribu tahun yang lalu. Namun teknik isolasi variasi isozim modern telah menghancurkan asumsi ini.

Telah ditemukan bahwa pembibitan kayu jati dimulai di Jawa jauh lebih awal, puluhan sampai ratusan ribu tahun yang lalu, jauh sebelum orang Hindu. Kayu jati tumbuh paling baik di Jawa. Ada beberapa upaya untuk menanam kayu jati di Sumatera dan Kalimantan, namun pohon kayu jati yang tumbuh biasanya mati setelah 2 atau 3 tahun. Hal ini disebabkan sifat tanah yang sangat asam di Sumatera dan Kalimantan.

Kayu jati tumbuh subur di Jawa karena tanah Jawa adalah tanah yang paling cocok untuk pertumbuhan kayu jati di Indonesia. Kayu jati tumbuh paling baik di tanah dengan pH 6-8, aliran udara yang baik, dengan kadar kalsium dan phospor yang cukup tinggi. Hutan kayu jati yang cukup besar di Jawa dapat ditemukan di Rembang, Blora, Grobogan, dan Pati. Kayu jati Jawa terbaik diproduksi di daerah batu kapur Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kayu jati jawa dianggap sebagai kayu jati terbaik di indonesia.

Di luar Jawa saat ini, seseorang dapat menemukan pertumbuhan hutan kayu jati yang terbatas di sejumlah tempat di pulau Sulawesi, Muna, Sumbawa dan Buru. Pertumbuhan kayu jati Sulawesi telah ditemukan berasal dari Jawa dan relatif baru. Sedikit banyak hutan kayu jati juga bisa ditemukan di Provinsi Lampung di bagian selatan pulau Sumatera.  

Mahoni 

“Mahoganies” mungkin mengacu pada kelompok yang lebih luas dari semua timbers yang dihasilkan oleh tiga genus Swietenia, Khaya dan Entandrophragma. Kayu Entandrophragma diperdagangkan dengan nama masing-masing, terkadang dengan “mahoni” yang dilekatkan sebagai akhiran, misalnya “sipo” dapat disebut sebagai “sipo mahoni”.

Mahoni memiliki butiran umumnya lurus dan biasanya bebas dari rongga dan kantong. Ini memiliki warna coklat kemerahan, yang gelap dari waktu ke waktu, dan menampilkan kemilau kemerahan yang indah saat dipoles. Ini memiliki kemampuan kerja yang sangat baik, dan sangat tahan lama. Ukuran pepohonan berarti papan besar sudah tersedia (dan masih merupakan varietas yang tidak terancam punah). Properti ini menjadikannya kayu yang menguntungkan untuk membuat perabotan.

Papan partikel

Papan partikel (disebut “chipboard” di beberapa negara) adalah produk kayu rekayasa yang dibuat dari partikel kayu, seperti serpihan kayu, serutan penggergajian kayu, atau bahkan debu gergaji, dan resin sintetis atau bahan pengikat lainnya yang sesuai. Dan diekstrusi.

Partikel adalah jenis papan serat, bahan komposit, namun terdiri dari potongan kayu yang lebih besar daripada papan serat kepadatan menengah dan hardboard. Papan tulis lebih murah, lebih padat dan lebih seragam daripada kayu lapis dan kayu lapis konvensional dan diganti untuk mereka saat penampilan dan kekuatan kurang penting daripada biaya. Namun, papan partikel bisa dibuat lebih menarik dengan melukis atau menggunakan veneer kayu yang terpaku pada permukaan yang akan terlihat.

Meskipun lebih padat daripada kayu konvensional, ini adalah jenis papan serat paling ringan dan paling lemah, kecuali papan insulasi. Papan serat dan hardboard kepadatan menengah, juga disebut papan serat dengan densitas tinggi, lebih kuat dan lebih padat daripada papan partikel.

Fibreboards Medium density fiberboard (MDF atau MDFB) adalah produk kayu rekayasa yang dibentuk dengan memecah kayu lunak menjadi serat kayu, seringkali dalam defibrator, menggabungkannya dengan lilin dan pengikat resin, dan membentuk panel dengan menerapkan suhu dan tekanan tinggi. Ini adalah bahan bangunan yang serupa dengan aplikasi pada kayu lapis namun terdiri dari serat terpisah, bukan veneer kayu. Ini lebih padat dari papan partikel biasa.

 

Sumber: www.kemendag.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.