Kayu Jati adalah Bahan Terbaik untuk Pembuatan Furniture

Kayu jati merupakan bahan utama yang terbaik dalam pembuatan furniture. Kayu jenis jati memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Salah satu keunggulan  jati yaitu memiliki batang yang lurus, kuat terhadap perubahan cuaca, tahan terhadap rayap dan mudah diolah. Itulah kenapa jati merupakan pilihan pertama dalam pembuatan furniture.

Mengulas sejarah kayu jati, kayu ini adalah tumbuhan asli yang berasal dari Burma. Dari sana kemudian menyebar ke berbagai daerah-daerah yang memiliki iklim muson. Pasalnya, kayu ini hanya akan tumbuh secara baik di tanah yang memiliki curah hujan antara 1500-2000 mm/tahun atau pada suhu 27 – 36 celsius. Maka wajar apabila kayu jenis ini tidak bisa tumbuh baik di kawasan Eropa yang cenderung memiliki suhu dingin. Pertumbuhan jati banyak ditemui di negara-negara seperti India, Myanmar, Laos, Kamboja dan Thailand, dan Indonesia.

kayu jati

Jati yang tumbuh di Indonesia bisa dikatakan sebagai jenis jati terbaik di dunia. Di Indonesia sendiri, kayu jati tumbuh subur di pulau Jawa. Itupun di daerah tertentu. Jenis jati yang dinilai paling baik kualitasnya adalah yang tumbuh di daerah seperti Jepara, Blora dan Bojonegoro. Kenapa jati yang tumbuh di daerah tersebut memiliki kualitas lebih baik, karena tumbuh di tanah kapur di mana kualitas tanahnya memiliki keasaman cenderung rendah.

Sejak dulu, kayu jenis ini memang sudah menjadi bahan-bahan untuk membuat bangunan karena keawetannya. Maka tidak aneh jika dulu kayu ini dibuat bahan untuk membuat kapal, jembatan, bantalan rel, hingga kapal perang. Saking kuatnya kapal yang terbuat dari kayu jati, konon pasukan tentara Inggris gentar jika bertemu dengan kapal jung asal Tiongkok yang terbuat dari kayu jati.

Keunggulan Kayu Jati

kayu jati

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, kayu jati juga menjadi bahan utama untuk pembuatan berbagai furniture di masa sekarang. Bahkan kayu ini dianggap sebagai kayu kelas satu baik dari segi keindahan maupun keawetan.

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa kayu jati cenderung memiliki warna yang khas. Di antara warna jati adalah coklat muda, keabu-abuan hingga coklat merah tua. Selain itu, permukaan jati bisa menjadi sangat halus. Terlebih lagi, kayu ini memiliki semacam minyak alami sehingga tidak disukai rayap. Meskipun tanpa dilakukan vernis, kayu jati sudah tampak mengkilap.

kayu jati

Di era yang sudah modern ini, peran jati sebagai bahan utama membuat furniture bisa tergantikan dengan bahan-bahan lainnya seperti kayu buatan atau dengan besi dan semacamnya. Namun keunikan dan kemewahan kayu jati tak akan pernah tergantikan.

Di kota Jepara yang merupakan pusat pembuatan furniture kebanyakan masih menggunakan kayu jati sebagai bahan utama furniture. Di sisi lain, hutan di berbagai daerah di Indonesia mengalami penurunan kuantitas. Oleh sebab itu kayu jati ini semakin mahal setiap tahunnya. Namun jika menimbang keunikan dan manfaat yang akan didapatkan dari kayu jati, masalah harga sepertinya bukan menjadi masalah utama. Karena hasil yang akan didapatkan setara dengan modal yang dikeluarkan.

Proses Pengolahan Kayu Jati

kayu jati

Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan furniture dari jati perlu melewati beberapa tahapan. Kayu yang baru ditebang dari hutan perlu dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan. Kemudian setelah itu, kayu jati tak langsung diolah untuk menjadi bahan furniture. Kayu yang sudah dipotong tersebut perlu melewati tahap pengeringan. Proses pengeringan sendiri terdapat dua cara, ada yang menggunakan cara tradisional yaitu memanfaatkan sinar matahari atau dimasukkan ke dalam oven. Semua cara tersebut pada intinya untuk mengurangi kadar air dalam kayu. Sehingga ketika kayu tersebut masuk pada tahap produksi mudah diolah dan tidak lembek.

Setelah proses pengeringan tersebut selesai, kayu tersebut baru bisa diolah menjadi sebuah karya furniture. Beberapa furniture yang banyak terbuat dari jati termasuk di antaranya meja, lemari, tempat tidur, dan lain sebagainya. Dengan bahan kayu solid jenis jati tersebut, barang-barang tersebut pastinya akan memiliki nilai artistik yang lebih bagus dan tentunya juga akan lebih awet.

kayu jati

Nah, jika anda tertarik memiliki barang-barang untuk rumah yang terbuat dari kayu jati, anda bisa menghubungi CustomMebel.com. Kami adalah pengrajin yang mengutamakan menggunakan jati dalam membuat berbagai furniture. Anda bisa memesan berbagai custom furniture yang terbuat dari kayu solid jenis jati.

kayu jati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.