Pengrajin Kursi Custom Membuat Barang Unik dari Kayu Solid

pengrajin kursi

Pengrajin kursi bisa membuatkan Anda berbagai kursi custom sesuai dengan selera. Membuat kursi yang unik bisa dilakukan dari berbagai bahan, termasuk dari kayu solid seperti kayu jati atau mahoni.

Memilih bahan kayu solid menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kayu tersebut diharapkan akan lebih tahan terhadap berbagai perubahan cuaca. Kursi tersebut nantinya juga diharapkan mampu menahan beban dalam jangka waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan bahan plastik atau sejenisnya. Dan yang tak kalah penting, mebel yang terbuat dari kayu solid terlihat lebih mahal dan elegan.

Pengrajin Kursi

Proses Pengrajin Kursi Membuat Sandaran Melengkung

Membuat kursi sesimpel apapun tetap membutuhkan pengetahuan dan kemampuan mengolah kayu sebagai bahan mebel. Membuat barang-barang mebel tak bisa dilakukan dengan sekedar memotong kayu lalu menjadikannya sebagai bagian-bagian kursi.

Sebelum masuk pada proses konstruksi, kayu perlu melewati proses pengeringan agar kadar air di dalam kayu menyisakan hingga 10-14 persen. Dengan demikian bangunan furniture yang sudah jadi, tidak mengalami perubahan bentuk di kemudian hari.

Pengrajin Kursi

Nah, setelah kayu tersebut sudah siap, maka baru masuk pada tahap pemotongan berdasarkan ukuran masing-masing bagian. Pemotongan yang baik di era serba canggih seperti sekarang ini kebanyakan menggunakan mesin sehingga setiap potongan menghasilkan ukuran yang pas.

Pengrajin Kursi

Membuat bagian sandaran melengkung bisa dikatakan yang paling rumit. Terdapat mesin pres khusus dan perlu ketelitian dalam proses pembuatan lengkungan tersebut. Atau, melengkungkan kayu juga bisa dilakukan secara proses konvensional.

Tapi yang paling penting sebelum melakukan ‘wood bending’ adalah memperhatikan arah serat kayu. Oleh sebab itu, mendapatkan bahan yang bagus untuk bagian yang bisa melengkung tersebut wajib dipertimbangkan saat pemotongan saat kayu masih berbentuk gelondongan. Pembelahan arah radial paling bagus untuk bahan kayu lengkung karena pemotongan tersebut tidak melewati mata kayu. Sehingga saat diproses tidak pecah.

 

Pengrajin Kursi

Setelah pembuatan semua bagian kursi selesai, langkah berikutnya adalah proses penyusunan setiap bagian. Bagian-bagian tersebut kemudian disambungkan dengan membuat pengait yang dibuatkan secara khusus. Setelah itu direkatkan.

Pengrajin Kursi

Kemudian tahap terakhir, pengrajin kursi akan melakukan finishing dengan menghaluskan seluruh bagian permukaan sehingga permukaan kursi tersebut terasa halus saat disentuh. Pada tahap akhir ini juga bisa memberikan lapisan plitur atau sejenisnya.

Pengrajin Kursi

Kursi custom seperti model di atas sangat cocok untuk cafe. Seperti video berikut ini penampakannya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *