Tukang Furniture Kayu Perlu Melakukan Finishing dengan Baik, Kenapa?

Tukang furniture kayu perlu melakukan finishing atau tahap terakhir dalam pembuatan produk mebel. Hal itu perlu dilakukan untuk memberikan perlindungan pada barang mebel secara keseluruhan dan juga sebagai penambah estetika pada produk.

Tujuan Tukang Furniture Kayu Melakukan Finishing

tukang furniture kayu

Memang, kayu merupakan bahan dalam pembuatan mebel yang bisa tahan lama. Namun barang tersebut tentunya juga bisa rusak jika menghadapi satu kondisi tertentu. Misalnya jika berada pada suatu tempat yang memiliki cuaca sangat dingin, apalagi jika berada di tempat yang memiliki empat musim seperti di Eropa. Oleh sebab itu, pada permukaan kayu membutuhkan perlindungan agar tahan terhadap ancaman yang bisa merusaknya.

tukang furniture kayu

Selain itu, finishing juga memiliki tujuan memberikan warna pada suatu produk mebel. Selera orang berbeda-beda ada yang suka warna alami tapi ada juga yang dengan warna buatan. Oleh karena itu banyak bahan pilihan untuk keperluan finishing.

Yang Dikerjakan Tukang Furniture Kayu saat Finishing

Pada intinya finishing adalah proses sentuhan akhir pada produk furniture yang tengah dikerjakan, hal itu mencakup menghaluskan permukaan kayu atau memberikan warna.

tukang furniture kayu

Untuk mendapatkan tingkat kehalusan, alat finishing yang banyak digunakan adalah menggunakan amplas. Ada barang yang dihaluskan setelah semuanya tersusun, tapi ada juga barang yang dilakukan finishing sebelum dirakit.

tukang furniture kayu

Finishing ini harus dilakukan dengan telaten untuk mendapatkan hasil maksimal. Penghalusan pada setiap bagian bisa menggunakan cara manual dengan cara menggosokkan lembaran amplas menggunakan tangan. Namun untuk barang yang memiliki ukiran dan sudut sempit yang sulit terjangkau oleh tangan, perlu menggunakan alat khusus.

tukang furniture kayu

Setelah Tukang Furniture Kayu Selesai Finishing

Sekali lagi, pada intinya, finishing ini dilakukan untuk memberikan dua tujuan yakni sebagai perlindungan dan menambahkan keindahan pada produk yang dibuat.

Oleh sebab itu, produk mebel yang sudah mendapat sentuhan akhir ini akan tampak lebih elegan dan kokoh.

tukang furniture kayu

Adapun model finishing sendiri banyak pilihannya. Ada yang suka model klasik, model kontemporer, model minimalis dan lain sebagainya. Semuanya tergantung selera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.