Mengintip Tukang Mebel di Jepara Membuat Meja Makan

Tukang mebel

Tukang mebel di Jepara memiliki keunggulan dibandingkan dengan daerah lainnya. Di kota yang identik dengan keahlian kerajinan ini memang sudah memiliki sejarah panjang dalam dunia furniture dengan kualitas unggulan. Untuk mengerjakan pembuatan meja makan saja, bisa menghabiskan waktu berhari-hari demi mendapatkan hasil terbaik.

Untuk mengerjakan satu set meja makan bisa menghabiskan waktu sekitar 3-4 minggu. Itu untuk desain minimalis. Jika desain lebih rumit, tentu pengerjaannya pun akan memakan waktu lebih lama.

Langkah pertama yang dilakukan oleh para produsen mebel ini adalah menyiapkan bahan. Terdapat beberapa pilihan bahan, misalnya untuk membuat satu set meja makan lengkap dengan kursinya. Beberapa bahan yang bisa digunakan adalah kayu jati atau kayu mahoni.

 

Setelah tersedia bahan-bahan mentah tersebut, biasanya tak langsung masuk dalam proses pembuatan. Untuk mendapatkan kualitas lebih sempurna, perlu dilakukan proses oven pada kayu. Hal ini diperlukan untuk menghilangkan kadar air yang masih terdapat dalam kayu. Kayu yang benar-benar kering akan menghasilkan produk dengan kualitas lebih baik dan tahan lama.

Setelah itu para tukang mebel akan memotong bagian kayu yang masih dalam bentuk balok dalam ukuran tertentu. . Pada tahap ini, tentu saja membutuhkan kejelian dari para tukang tersebut. Pengkuran dan lain sebagainya harus akurat agar seluruhnya menjadi presisi. Setelah itu baru menyusun bagian-bagian sesuai dengan desain.

Ketika sudah tampak menjadi wujud meja, bukan berarti pekerjaan selesai. Untuk mendapatkan hasil maksimal perlu dilakukan finishing atau tahap akhir dalam pembuatan suatu produk. Pada tahapan ini dilakukan penghalusan pada permukaan atau bisa juga memberikan warna atau lapisan agar barang yang sudah jadi tersebut jadi lebih elegan.

Perlu diketahui juga bahwa ada dua macam sistem dalam penyusunan barang-barang mebel. Ada barang yang sengaja dibuat bisa dibongkar-pasang atau knock down; ada pula yang disusun secara permanen.

Barang dengan tipe bongkar-pasang memiliki keuntungan tak banyak memakan tempat di dalam kendaraan. Hal ini dilakukan oleh tukang mebel sebenarnya untuk memudahkan ketika barang tersebut perlu dikirim ke luar daerah. Tapi di sisi lain, pemesan harus merangkainya sendiri ketika barang tersebut sudah sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *