Tukang Furniture Kayu Bikin Ranjang Custom, Begini Proses Pembuatannya

Tukang furniture kayu yang sudah memiliki pengalaman panjang hampir bisa membuat berbagai produk mebel termasuk ranjang custom. Proses pembuatannya begitu rumit, namun sangat menarik untuk diikuti.

Tahap Pertama Tukang Furniture Kayu Membuat Ranjang Custom

Tahap pertama dalam membuat ranjang adalah mempertimbangkan bahan yang akan digunakan. Terdapat beberapa bahan yang bisa digunakan, namun pilihan terbaik yaitu menggunakan kayu solid seperti jenis kayu jati. Pasalnya kayu jenis itu relatif memiliki daya tahan lebih baik dibanding dengan jenis kayu lainnya.

tukang furniture kayu

Lebih jauh lagi, kayu jati sendiri memiliki berbagai tingkatan mulai dari Grade A hingga C. Grade A terdapat di bagian jantung kayu (tengah) yang usianya paling tidak selama 40 tahun. Kemudian golongan yang kedua adalah Grade B dan yang terakhir Grade C.

Untuk golongan yang pertama tentu saja harganya lebih mahal karena ia berkualitas paling unggul. Golongan tersebut memiliki semacam minyak alami untuk melindungi dirinya dari ancaman cuaca, lebih halus, dan seratnya lebih teratur.

Tahap Kedua Tukang Furniture Kayu Buat Ranjang Custom

Setelah bahan utama tersedia dan sudah melalui tahap pengeringan yang baik, maka tahap selanjutnya adalah memasuki proses konstruksi.

tukang furniture kayu

Kayu perlu dipotong-potong berdasarkan ukuran dan desain yang sudah ditentukan sejak awal. Potongan-potongan tersebut kemudian dikaitkan satu dengan yang lainnya untuk membuat bagian-bagian ranjang. Setelah semua selesai,semua bagian disatukan sehingga berbentuk sebuah ranjang tidur.

tukang furniture kayu

Sistem perakitan pada ranjang harus kuat. Sebab nantinya, ia akan menyangga beban yang berat: kasur dan tentu saja pemilik yang akan menempatinya sebagai tempat untuk merebahkan diri.

tukang furniture kayu

Oleh sebab itu, pengikatnya antar potongan pun harus kuat. Tidak cukup hanya itu, pengait kerangka juga perlu diperkuat dengan baut.

Langkah Ketiga Tukang Furniture Kayu Bikin Ranjang

Jika semua bagian sudah terpasang, langkah berikutnya adalah tahap akhir. Sentuhan akhir atau finishing ini bisa berbentuk sekedar menghaluskan pada semua permukaan kayu atau memberikan warna pada kayu.

tukang furniture kayu

Untuk tempat tidur dengan bahan kayu jati, paling elegan adalah tidak perlu memberikan warna tambahan sehingga warna kayu yang alami tetap terjaga. Yang penting terdapat lapisan yang membuat kayu bisa tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *