Furniture Masal Pabrikan vs. Furniture Handmade – Yang Mana Yang Harus Anda Jadikan Bagian Dari Investasi?

Custom Furniture – Dengan geliat lokakarya pengrajin lokal Indonesia yang hidup kembali beberapa tahun terakhir, pertanyaan yang patut ditanyakan adalah apa perbedaan antara furniture buatan tangan (handmade) atau custom furniture dengan furniture masal pabrikan?

Mari kita mulai dengan definisi masing-masing dan kemudian melihat apa yang dapat Anda harapkan dari setiap proses.

Produk furniture yang diproduksi masal atau buatan mesin pabrikan pada dasarnya dibuat dari awal sampai akhir oleh mesin atau perangkat mekanis. Manfaat utamanya adalah produk furniture itu bisa dibuat dengan cepat dibandingkan versi handmade-nya. Setiap produk furniture akan sangat dekat untuk menjadi identik. Harga yang lebih murah ditambah dengan permintaan tinggi telah meningkatkan produksi masal dari negara-negara seperti China dan India untuk memenuhi kebutuhan renovasi dan perancangan rumah yang terus berkembang.

Produk furniture handmade bisa dikatakan sebuah seni unik di zaman modern, metode handmade atau buatan tangan ini lebih banyak padat karya dan umumnya terkait dengan produk-produk custom furniture kelas atas. Negara-negara yang dikenal dengan produk buatan tangan mereka meliputi Italia, Inggris, Prancis dan Jerman, meskipun lokakarya pengrajin di Australia terus mendapat pengakuan besar di panggung global belakangan ini. Dan tentu saja jangan lupakan juga pengrajin-pengrajin Indonesia.

Pada dasarnya, seseorang menciptakan dan merakit produk dengan tangan. Ada fokus besar pada perawatan dan memberikan produk terbaik – desain yang sempurna, ukuran dan warna yang tepat, bahan kayu terbaik dan sebagainya.

Mengapa Produk Furniture Pabrikan?

Mari kita lihat dua alasan utama – harga dan permintaan.

Harga

Mengapa Anda harus membayar jumlah uang yang sama untuk produk yang sama-sama terlihat sama?

Permintaan

Anda ingin produk furniture yang tepat dan Anda menginginkannya sekarang juga. Mentalitas inilah yang mendorong pasar sehingga produk furniture diproduksi masal oleh Pabrikan. Konsumen mengikuti tren yang masuk dan menuntut tampilan yang tepat.

 

Mengapa Produk Furniture Handmade?

Mari kita lihat dua alasan utama – keunikan dan kualitas.

Keunikan

Anda ingin furniture yang original. Anda ingin ikut terlibat dalam soal desain, bahan dan ukuran sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Anda memiliki persyaratan khusus yang tidak bisa dipenuhi oleh produk yang diproduksi secara masal. Tidak ada dua produk furniture buatan tangan yang sama dan ini memberi desain rasa individualitas yang tidak dapat direplikasi oleh proses produksi furniture masal pabrikan.

Kualitas

Anda menuntut kualitas yang akan bertahan selama bertahun-tahun, tidak hanya sampai tren baru musim depan saja. Ini adalah keuntungan besar dari produk furniture buatan tangan. Produk handmade cenderung bertahan lebih lama dan tampil lebih baik dari waktu ke waktu. Inilah keindahan dan nilai sebenarnya dari produk furniture handmade atau buatan tangan.

Sehebat apa pun pabrikan mencoba, kreativitas dan keanggunan serta keunikan furnitur buatan tangan atau handmade tidak akan pernah dapat direplikasikan dalam produksi massal.

Selalu ingatlah ini saat membeli furnitur yang tampaknya terjangkau; Furnitur yang lebih murah sering dibangun dengan bahan yang kurang tahan lama yang berarti Anda akan terpaksa harus membeli yang baru lagi nantinya.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa Furniture Masal Pabrikan vs. Furniture Handmade yang dihasilkan lebih merupakan pertanyaan ‘jenis konsumen apa’. Jika Anda concern tentang harga dan mengubah furniture Anda dengan setiap tren yang masuk, mungkin furniture produksi masal adalah untuk Anda.

Jika Anda concern dengan kualitas, umur produk furniture yang panjang dan gaya furnitur yang unik dan tiada duanya, maka handmade atau custom furniture adalah apa yang Anda cari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *