Apa hebatnya Kayu Jati?

Apa hebatnya Kayu Jati? Ketahanan dan tahan cuaca alami adalah dua faktor besar. 

 

Mengapa kayu jati menjadi salah satu jenis kayu yang mahal? Alasannya karena jati lebih berharga baik untuk keanggunan maupun daya tahannya. Di luar keindahannya, kayu jati juga memiliki beberapa sifat alami yang tidak dimiliki kayu jenis lain.

Kayu Jati selalu menjadi bahan kayu yang spesial. Sejak sekitar abad ke-7, telah digunakan sebagai bahan untuk menghiasi tempat tinggal orang kaya dan berkuasa. Reputasi kayu tersebut disebarkan melalui Belanda, yang menjajah Indonesia. Mereka menggunakan kayu untuk pembuatan kapal; Jati membuat kayu kapal yang sangat bagus karena kemampuannya untuk menangkal busuk.

 

Kayu Jati ditemukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Burma dan Malaysia, tapi mungkin tidak ada pemerintah pusat yang menganggap jati cukup serius seperti di Indonesia. Sejak era pasca-kolonial, dimulai pada pertengahan abad ke-20, pemerintah Indonesia telah memiliki sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk mengelola salah satu sumber daya alam yang paling berharga, yaitu PT. Perhutani.

PT Perhutani, mengelola perkebunan jati resmi di pulau Jawa . Di sini, jumlah pohon yang telah ditentukan yang dapat ditebang setiap tahunnya. Setiap pohon diganti dengan tanaman baru yang ditanam di perkebunan.

Karena furnitur kayu terbaik yang terbuat dari kayu jati berasal dari pohon dewasa, maka bisa memakan waktu sekitar 80 tahun sebelum pohon jati dipanen untuk kayu. Karena jati adalah bahan kayu yang sangat bagus, kayu jati tua sering direklamasi – misalnya dari bangunan tua yang dijadwalkan untuk dirobohkan – dan diberi kehidupan baru sebagai perabotan.

 

Mengapa kayu jati begitu mahal dan sangat berharga?

Cukup jelas bahwa banyak sekali yang lebih banyak menghargai kayu jati dibandingkan jenis kayu-kayu lainnya. Tapi kenapa begitu? Jawabannya terletak pada minyak alami dan karet yang ditemukan di jati. Anda akan menemukan banyak minyak alami dan karet yang terkunci tepat di dalam butiran kayu yang ketat. Semua kayu mengandung minyak yang melindungi pohon, namun kayu jati mampu mempertahankan minyak dan karetnya bahkan setelah ditebang dan diproses. Karena itu, jati memiliki sifat tahan cuaca alami yang lebih besar daripada jenis kayu lainnya. Bila dikeringkan sampai tingkat kelembaban yang tepat – sekitar 10 persen dari kandungan aslinya – minyak dan karet kayu jati mampu bertahan  pada cuaca apa pun.

Minyak kayu jati juga melindungi kayu dari busuk kering, yang merupakan masalah umum pada furnitur kayu yang lebih tua. Terlebih lagi, minyak dan karet kayu jati melindungi jantung kayu dari penyerang seperti jamur dan parasit yang bisa menghancurkan kayu-kayu lainnya. Melindungi perabotan kayu dari penyusup tersebut memerlukan aplikasi minyak dan perawatan tahan cuaca; Namun tidak begitu dengan jati.

Semua elemen ini lah yang membuat kayu jati menjadi bahan yang sempurna untuk outdoor furniture. Kayu jati juga merupakan kayu yang sangat tahan lama dan kuat, pemilik jati yang bisa memastikan pembeliannya bertahan selama bertahun-tahun. Bahkan di gua-gua di India Barat, benda-benda yang terbuat dari kayu jati lebih dari 2.000 tahun yang lalu telah ditemukan utuh – menakjubkan bukan?

 

 

SUmber: https://www.howstuffworks.com/

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.